Wisata Kebun Apel di Kota Batu, Resolusi Wisatawan Tahun 2023

Wisata Kebun Apel di Kota Batu, Resolusi Wisatawan Tahun 2023

Reservasi Petik Apel  

Terhubung Langsung WhatsApp 

1001Panduan Turis-,Pergi ke arah selatan dan agak ke barat dari Surabaya kurang lebih 100 Km sampai di kota Batu yang dikenal sebagai Kota Apel. Pemberian nama itu bukan tanpa makna. Karena, Kota Batu banyak didapati perkebunan apel yang tumbuh subur di lereng-lerenga pegunungan. Selain tanaman apel, ada juga jenis tanaman buah lain yang hanya hidup di tempat dataran tinggi seperti buah strawberry yang juga menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Kota Batu. Wisata Kota Batu, identik dan terkenal sebagai Kota surge apel. Sektor pertanian yang menjadi ikon Kota Batu adalah tanaman budidaya buah apel. Saat ini budidaya perkebunan apel di Kota Batu telah menjadi salah satu obyek wisata favorit, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tanaman buah apel tidak dapat berbuah dengan baik di semua lokasi di Indonesia. Hanya tempat -tempat dengan kondisi tertentu yang mirip dengan asal dari tanaman buah apel seperti di pegunungan dengan hawa sejuk tanaman buah apel akan tumbuh dan berbuah dengan maksimal dengan perawatan yang khusus pada tanaman. Sudah tahu asal dari tanaman buah apel?

Reservasi Petik Apel  

Terhubung Langsung WhatsApp


Memilih destinasi wisata di Malang sebagai sarana lokasi rekreasi atau liburan tidak lengkap tanpa mengunjungi wisata agro perkebunan kebun buah tanaman apel. Tanpa mengunjungi kebun buah apel akan terasa hambar, bak pergi ke kafe sendirian di sebelahmu ada sepasang orang sedang berpacaran. Obat nyamuk yang sakitnya itu disini,J. Karena buah apel adalah ikon  dari kota Batu, Walaupun industri pariwisata di kota Batu berkembang pesat namun eksistensi kebun apel terus berkembang juga seiring perkembangan waktu merubah cara masyarakat lokal untuk turut serta dalam menambah nilai yang semula hanya mengambil manfaat buah untuk dijual langsung ke pasar atau tengkulak. Mereka para petani atau pemuda merubahnya dengan berbagai cara. Salah satu menjadikan kebun sebagai destinasi wisata, meskipun masih banyak cara lain untuk bisa memberikan nilai tambah buah apel misalnya; pengolahan kripik, fermentasi apel, permen, jenang dan masih banyak lainnya.

Reservasi Petik Apel 

Terhubung Langsung WhatsApp 

Wisata Petik Apel
Wisata Petik Apel


Lokasi Wisata Kebun Petik Apel
Di kota wisata Batu ada terdapat beberapa lokasi  untuk berwisata memetik buah apel secara langsung dari pohonnya atau biasa disebut wisata petik apel. Biasanya wisatawan di temani oleh pemandu atau tour guide yang mendampingi aktivitas selama di kebun apel. Pemandu wisata di kebun apel biasanya juga sebagai operator atau bahkan pemilik kebun apel sendiri, keren bukan?. Wisatawan akan bertemu langsung dengan pemilik kebun dan mendapatkan penjelasan langsung dari masyarakat dan pemuda desa setempat.  Pemandu atau tour guide menjelaskan cara bertani buah apel dari awal sampai panen, termasuk juga pengelolahan atau pasca panen yang  diproses untuk buah ini. Produk olahan buah apel yang beraneka ragam mulai dari keripik apel, selai apel dan berbagai hasil olahan lainnya bisa anda dapatkan sebagai oleh-oleh khas dari kota Batu. Beberapa lokasi kebun apel yang paling banyak untuk di kunjungi di antaranya adalah;

§  Kebun Buah Kusuma Agrowisata ,Selain menyediakan kebun buah apel juga ada kebun buah lainya seperti kebun jeruk,kebun strawberry, selain itu juga ada industry pengolahan buah apel di dalam wilayah yang juga sebagai hotel legendaris di kota Batu.

§  Kebun Buah tanaman Apel Bumiaji , di kecamatan Bumiaji merupakan wilayah kecamatan yang paling banyak kebunnya terbagi di beberapa wilayah yaitu Sidomulyo, Punten, Selecta , Banaran, Gunung Sari , Punten dan sebagainya. Namun yang paling sering dikunjungi berdasarkan pencarian google di daerah desa Tulungrejo , karena dekat dengan Taman Rekreasi Selecta.

§  Kebun Buah Apel Pujon , Terletak di barat Kota Batu. Lokasi kebun buah tanaman apel Pujon dekat dengan berbagai tempat wisata seperti wisata Taman Langit, Gunung Banyak, Taman Kelinci, Santera Garden, Omah Kayu, Kafe Sawah Pujon Kidul, Kafe Cangkruk Manuk, Kafe Dancoek, Air terjun Coban Rondo, Coban Tengah, pasar buah Dewi Sri , Taman Pinus, Bendosari dan sebagainya.

Reservasi Petik Apel  

Terhubung Langsung WhatsApp 


Destinasi wisata kebun buah apel di kota Batu memiliki peraturan dalam berkunjung. Wisatawan di haruskan menebus tiket sebesar Rp. 25.000-Rp.35.000 tergantung operator yang ada pada saat itu. Dengan tiket tersebut wisatawan berhak memasuki kebun dan menikmati buah apel langsung dari pohonnya. Tentu saja menikmati suasana alam pegunungan berupa pemandangan dan hawa sejuk. Peraturan selanjutanya adalah wisatawan boleh makan buah apel sebanyaknya, namun jika di bawa pulang sebagai bekal dijalan atau oleh-oleh akan dikenakan biaya sesuai berat yang ditimbang oleh petugas kebun yang variasi harga mulai Rp. 30.000-Rp.35.000.
Jenis tanaman apel yang di kembangkan petani kota Batu yaitu; apel granny smith, apel huang ling, apel anna, apel rome beauty, apel manalagi.  
Nama buah apel memang banyak menggunakan pengucapan bahasa inggris karena memang buah apel adalah tanaman sub-tropis. Kecuali nama manalagi. Manalagi lebih ke bahasa Indonesia karena memang apel jenis ini murni dikembangkan di Indonesia saja. Perbedaan jenis apel dari segi rasa dan tekstur daging buahnya. Dalam sebuah kebun yang dirawat para petani biasanya terdiri 2-3 jenis tanaman apel.
Selain berwisata di kebun apel, wisatawan juga dapat menemukan berbagai macam olahah buah apel sebagai oleh-oleh membagi ingatan pengalaman pada saat berwisata di kebun apel. Alat penunjang yang bisa membuatmu seru di kebuan apel adalah kamera atau handphone dengan baterai penuh untuk mengabadikan kegiatan di kebun apel.

Reservasi Petik Apel  


Terhubung Langsung WhatsApp 

Menunju kebun apel dijangkau dengan transportasi online? Sangat bisa! Hanya mengetikkan Petik Apel Mandiri dan ikuti petunjuk-petunjuknya anda langsung sampai dengan selamat. Begitu juga kepulangan wisatawan dari kebun. Semua bisa di jangkau oleh aplikasi transportasi online.
https://panduanturis.blogspot.com/2020/03/wisata-kebun-apel-di-kota-batu-resolusi.html

Baca Juga
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Panduan turis,tour guide services